cara mengetahui jenis kelamin anak ayam

sabung ayam online

Pada anakan ayam yang baru menetas dengan usia kurang dari 1 bulan, anda dapat mengenali jenis kelamin anak ayam dengan 3 cara. Jika anda penghobi sabung ayam online, anda biasanya akan memisahkan anakan ayam betina dengan anakan ayam jantan. Proses penyortiran antara anak ayam betina dan anak ayam jantang sangat berguna untuk proses pembesaran dan perawatan ayam tersebut sejak dari kecil. Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai 3 cara untuk mengenali jenis kelamin anak ayam :

Metode Vent Sexing
Metode ini dilakukan dengan cara memeriksa bagian kelamin dari anakan ayam tersebut. Cara membedakan antara jantan dan betina adalah jika anakan ayam tersebut jantan maka akan ada benjolan kecil pada bagian kloaka dan jika ayam tersebut betina maka hanya akan terasa seperti lubang saja tanpa ada benjolan. Cara ini mengenali jenis kelamin anak ayam hanya dapat dilakukan pada anakan ayam dengan umur 1-3 hari saja, lewat dari masa tersebut.

Metode Feather Sexing
Metode ini dilakukan dengan cara yang sangat mudah, yaitu hanya dengan memeriksa bulu sayap kecil dan bulu sayap utama saja. Untuk ayam jantan biasanya pertumbuhan bulu sayap utamanya lebih lambat sehingga dapat terlihat jelas jika diperiksa maka bulu sayap kecilnya akan sama panjang dengan bulu sayap utamanya. Sedangkan sebaliknya, pada ayam betina bulu sayap utamanya akan lebih cepat pertumbuhannya. Untuk anda yang ingin melakukan pengecekan kelamin anak ayam ini dapat dilakukan pada ayam yang berusia 1-7 hari. Karena pada usia tersebut akan lebih mudah untuk melihat perbedaan antara bulu sayap utama dengan bulu sayap kecilnya.

Metode Pengamatan
Pada metode kali ini anda dapat membedakan jenis kelamin anakan ayam dengan cara memperhatikan bagian lubang telinga dan daun telinga ayam tersebut. Jika antara lubang telinga dan daun telinga tidak terdapat bulu, maka anakan tersebut adalah anakan ayam jantan. Namun sebaliknya jika antara daun telinga dan lubang telinga terdapat bulu-bulu halus, makan anakan ayam tersebut adalah anakan ayam betina.

Untuk dapat memastikan kebenaran dari pengamatan tersebut, anda dapat melihat bagian muka dan jengger ayam tersebut. Bentukan muka dari ayam jantan dan betina akan sangat berbeda dari bagian mukanya. Untuk anakan ayam jantan biasanya memiliki muka yang sedikit beringas dari kecil dan memiliki bakalan jengger pada kepalanya tersebut.

Pada metode-metode diatas, memiliki beberapa kelebihan dan kekurangannya sendiri tergantung dari umur anakan ayam tersebut. Untuk cara mengeceknya juga akan bervariatif hasilnya.